Tidak Bisa Singkron Dapodik? Begini Cara Ampuh Singkron Dapodik 2021b

Hai sobat Blogger. Bagaimana kabar kalian semua? Semoga kalian selalu dalam keadaan sehat ya. Oh ya sob, apakah sobat tahu apa itu aplikasi dapodik? Baiklah kali ini mimin coba jelaskan sedikit mengenai dapodik. Aplikasi Data Pokok Pendidikan atau Dapodik adalah sistem pendataan skala nasional yang terpadu, dan merupakan sumber data utama pendidikan nasional, yang merupakan bagian dari Program perancanaan pendidikan nasional dalam mewujudkan insan Indonesia yang Cerdas dan Kompetitif. Hal ini dikarenakan segala sesuatu harus direncanakan, jika tanpa adanya perencanaan pendidikan yang matang, maka seluruh program yang terbentuk dari perencanaan tersebut akan jauh dari tujuan yang diharapkan oleh semua pihak. Untuk melaksanakan perencanaan pendidikan, maupun untuk melaksanaan program-program pendidikan secara tepat sasaran, dibutuhkan data yang cepat, lengkap, valid, akuntabel dan terus up to date. Dengan ketersediaan data yang cepat, lengkap, valid, akuntabel dan up to date tersebut, maka proses perencanaan, pelaksanaan, pelaporan dan evaluasi kinerja program-program pendidikan nasional dapat dilaksanakan dengan lebih terukur, tepat sasaran, efektif, efisien dan berkelanjutan.

Tentu bagi operator sekolah, aplikasi dapodik ini bukan barang aneh karena mereka selalu berkutat dengan aplikasi ini. Apa sih fungsi dari aplikasi dapodik? Hayo apakah ada yang bisa menebak fungsinya? Yups betul sekali, aplikasi dapodik berfungsi untuk menginput data baik data sekolah, guru ataupun peserta didik. Data-data yang masuk ke sekolah pun akan berkembang sehingga perlu adanya penyesuaian. Hal ini tentu saja mengharuskan aplikasi tersebut diupdate agar penggunaan aplikasi tersebut semakin maksimal. Namun, pada dapodik 2021b, ada sedikit perbedaan yaitu cara singkronisasi. Pada dapodik 2021a, akun kepala sekolah sudah secara otomatis bisa melakukan singkronisasi. Tetapi pada dapodik 2021b, hal tersebut tidak bisa dilakukan. Lalu bagaimana cara melakukan singkronisasi? Baiklah pada kesempatan ini, mimin akan membagikan tutorial cara untuk mengsingkronkan Aplikasi Dapodik versi 2021b. Penasaran? yuk simak baik-baik ya sob.


1. Langkah pertama, sobat harus menginstal updater dapodik terlebih dahulu. Jika sobat belum mendownload, sobat bisa mengklik tautan di bawah ini untuk mendownloadnya.

Dapodik 2021.b

2. Setelah itu sobat instal aplikasi itu

3. Jika sudah selesai proses instalasinya, sobat bisa melihat video berikut.

Cara singkron dapodik 2021b

Bagaimana? Mudah bukan. Semoga apa yang mimin terangkan ini bermanfaat buat sobat semua. jangan lupa subscribe channel mimin ya sob. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan di kolom komentar sob.

No comments:

Post a Comment

Anda termasuk penerima bantuan UMKM 3,5 Juta dari kemensos? Segera Cek Nama Anda Menggunakan Cara Berikut

Hello sobat blogger. Bagaimana nih kabar sobat blogger semua? Semoga sobat selalu dalam keadaan sehat ya. By the pernah engga sih sobat memp...